Juni 12, 2015

Tutorial Instal Ubuntu 12.10

Tutorial Instal Ubuntu 12.10



Siapkan DVD / Flashdisk untuk memuat Live USB Ubuntu 12.10, Cara membuat flashdisk menjadi Live Ubuntu 12.10 bisa di baca disini. Karena pada kali ini kita akan membahas Tutorial Instal Ubuntu 12.10 via USB Flashdisk. Lakukan booting dan jangan lupa ubah boot prioritynya ke Flashdisk. Setelah masuk layar selanjutnya pilih "Try Ubuntu Without Installing" untuk melihat tampilan Ubuntu 12.10 tanpa harus menginstal terlebih dahulu.



gambar di atas adalah tampilan dekstop Ubuntu 12.10, jika kalian merasa cocok denga OS ini silahkan klik icon "Instal Ubuntu 12.10" untuk instal Ubuntu di laptop kalian.


Selanjutnya , pilihlah bahasa karena Baha Insonesia belum tersedia pilih saja default (english).  Kemudian klik "Continue" untuk lanjut ke langkah berikutnya.


klik saja "Continue" untuk melanjutkan. Karena halaman ini hanya untuk memeriksa kesiapan perangkat Anda.


Pada jendela Wireless, pilih opsi "I don't want to connect to a wi-fi network right now" lalu klik Continue.


karena kita akan menginstal dual boot maka pilih opsi "Something else"


langkah selanjutnya adalah memilih partisi. Pilihlah partisi yang akan Anda gunakan lalu tekan tombol minus (-) untuk menghapus partisi sehingga Anda mendapatkan partisi "free space". Kemudian pilih partisi free space tersebut dan klik tombol (+) untuk membuat partisi baru.


Setelah tombol (+) maka akan muncul jendela Creat partition. Partisi pertama yang akan kita buat adalah partisi "swap". Pada opsi "Size", isikan kapasitas swap sesuai kebutuhan Anda. Kemudian pada opsi yang lain Anda sesuaikan dengan gambar. Pada opsi "Use as" silahkan pilih "swap area". Klik OK jika sudah selesai.


partisi tempat dimana sistem akan diinstal. Jika pada Windows, partisi root sama dengan partisi C. Contoh ini saya mengisikan 35000 MB atau 35 GB untuk sistem saya. Pada opsi "Use as", pilih "Ext4 journaling file system" dan pada opsi "Mount point" pilihlah tanda "/". Opsi yang lain sesuaikan dengan gambar.


maksudnya Anda tidak harus membuatnya secara terpisah dengan partisi "/". Namun agar lebih baik jika kita membuat partisi "/home" terpisah dengan "/". Pilih partisi free space sekali lagi dan klik tombol (+). Pada jendela Creat Partition, tentukan besar ukuran partisi /home yang akan Anda buat. Pada contoh ini saya menggunakan semua sisa yang ada yaitu sebesar 39789 MB. Untuk opsi yang lainnya, Anda sesuaikan dengan gambar di diatas ini dan jangan lupa pada opsi Mount point Anda pilih "/home".


Setelah semua partisi selesai di buat, tekan tombol "Install Now" untuk menjalankan instalasi Ubuntu 12.10.


Pada halaman "Where are you?", masukkan kota tempat Anda tinggal dan klik Continue.


Pada halaman ini (Keyboard layout), biarkan dalam pilihan default.


Isikan identitas pribadi dan password Anda pada halaman "Who are you?". Lihat contoh gambar.


Pada halaman "Choose picture", Anda diminta untuk memilih gambar user. Anda dapat memilih gambar yang sudah disediakan atau mengambil gambar melalui kamera, kemudia klik "Continue"


Jika semua langkah di atas selesai, Anda hanya tinggal menunggu proses instalasi Ubuntu 12.10 selesai.


Terakhir, setelah proses instalasi selesai restart komputer Anda dengan meng-klik tombol "Restart Now" pada kotak dialog "Installation Complete".

Sumber : http://dekhamp.blogspot.com/2013/02/langkah-langkah-install-ubuntu-1210.html

1 komentar


EmoticonEmoticon